Contoh Paragraf Opini

Contoh Paragraf OpiniContoh Paragraf Opini adalah posting an pertama saya mengenai contoh paragraf. Banyak sekali contoh paragraf yang lain tapi kita akan mulai dari contoh paragraf opini kali ini . Jadi bersiaplah untuk memulai.

Contohj Paragraf Opini saya bahas setelah sebelumnya ada artikel tentang paragraf fakta. Jadi selain belajar tentang paragraf opini kamu juga harus belajar tentang paragraf fakta agar kita bisa dengan mudah membedakan keduanya dan bisa menyikapinya dengan tepat. Dan jika nanti sudah terjun ke masalah masalah kita bisa membedakan mana yang opini mana yang fakta.

Pengertian Paragraf Opini 

Paragraf Opini adalah paragraf yang ide pokoknya merupakan pendapat atau opini yang disampaikan seseorang dan bersifat subyektif.


Ciri-Ciri Paragraf Opini

  1. Menggunakan kutipan kata kata seseorang biasa ditandai dengan adanya petik dua (""..... "")
  2. Tidak punya fakta
  3. Menggunakan kata yang tidak pasti(Mungkin,Rasanya)
  4. Menggunakan kata yang bertujuan menyampaikan sesuatu(Sebaiknya,saran,pendapat)
Inti dari paragraf opini ialah dapat ditemukan kata atau kalimat yang menunjukan bahwa itu adalah sebuah pendapat pribadi ataupun pandangan sesorang yang belum pasti benar


Contoh Paragraf Opini

saya akan mengutip dari kompas.com mengenai contoh paragraf opini.

Contoh Paragraf Opini 1:

Menurut Taufiq, sosok Joko Widodo alias Jokowi memang cukup fenomenal. Hal itu terlihat dari ramainya pemberitaan yang diikuti dengan tingginya animo masyarakat terhadapnya. Akan tetapi, menurut Taufiq, jika dibandingkan Ganjar, Jokowi masih kalah fenomenal. Ia menilai, Jokowi besar karena peran media. Sementara itu, Ganjar, kata Taufiq, merupakan sosok yang militan. 


Ingin Lebih Banyak Lagi? Lihat Disini CONTOH PARAGRAF OPINI

No comments:

Post a Comment